PENGERTIAN DATA DAN JENIS-JENIS DATA, SERTA SYARAT DATA YANG BAIK

STATISTIKA,,,?? DATA....?? Ya keduanya sangat berkaitan erat, dimana setiap ada pembahasan tentang Statistika pasti kita akan di hadapkan dengan data atau datum, Data tersebut di sajikan biasanya dalam bentuk tabel form atau bahkan dalam sebuah kalimat,
di bawah ini saya akan jelaskan pengertian data yang ada kaitanya dengan statistika sob.

PENGERTIAN DATA

Dataadalah catatan atas kumpulan fakta. Data merupakan bentuk jamak dari datum, berasal dari bahasa Latin yang berarti “sesuatu yang diberikan”. Dalam penggunaan sehari-hari data berarti suatu pernyataan yang diterima secara apa adanya. Pernyataan ini adalah hasil pengukuran atau pengamatan suatu variabel yang bentuknya dapat berupa angka, kata-kata, atau citra. 
Untuk lebih jelasnya, pelajari uraian berikut.
NAMA Rizal Malik Nandang Agus
Nilai 85 80 100 125
Perhatikan Tabel di atas! Bilangan 125 merupakan Nilai Tertinggi seorang Mahasiswa. Fakta tunggal ini dinamakan datum. Adapun hasil seluruh pengukuran terhadap lima orang mahasiswa disebut data.

SYARAT DATA YANG BAIK

  • Objektif
Data yang objektif artinya data harus sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Misalnya, harga Rupiah terhadap dollar saat ini yaitu Rp 10.000, nah jangan ditulis Rp 10.500. Hal ini tentu tidak akan menggambarkan kondisi yang sebenarnya.
  • Representatif
Data yang diamati harus mampu mewakili objek yang akan kita amati. Contohnya, jika kita ingin melihat kondisi perekonomian suatu kota, maka data yang kita miliki tidak boleh hanya tertuju pada kelompok orang yang mampu saja. Kelompok data yang kita miliki juga harus mencakup kelompok  yang tidak mampu sehingga benar-benar mewakili kondisi yang sebenarnya.

  • Memiliki Sampling Error yang kecil
Sampling error maksudnya adalah tingkat kesalahan dimana saat data dikumpulkan. Semakin kecil nilai sampling error maka akan semakin baik data yang digunakan. Sampling error terjadi pada data yang diambil dengan menggunakan teknik survey atau hanya mencacah sebagian.
  • Up to date
Up to date atau data terbaru artinya data yang kita gunakan harus sesuai dengan waktu penelitian yang diinginkan. Misalnya, Kalau kita ingin melihat kondisi perekonomian tahun 2012, hendaknya digunakan data perekonomian tahun 2012 dimana data tersebut merupakan data yang dirilis terbaru.

  • Relevan
Data yang digunakan harus memiliki keterkaitan dengan objek yang akan kita teliti. Misalnya, jika kita ingin melihat kemajuan ekonomi, maka kit bisa menggunakan data PDB. Atau jika kita ingin melihat gambaran kemiskinan suatu daerah, maka data konsumsi bisa digunakan.

JENIS DAN PEMBAGIAN DATA

Jenis Data Menurut Cara Memperolehnya

Data Primer
  • Data primer adalah secara langsung diambil dari objek / obyek penelitian oleh peneliti perorangan maupun organisasi. Contoh : Mewawancarai langsung penonton bioskop 21 untuk meneliti preferensi konsumen bioskop.
Data Sekunder

  • Data sekunder adalah data yang didapat tidak secara langsung dari objek penelitian. Peneliti mendapatkan data yang sudah jadi yang dikumpulkan oleh pihak lain dengan berbagai cara atau metode baik secara komersial maupun non komersial. Contohnya adalah pada peneliti yang menggunakan data statistik hasil riset dari surat kabar atau majalah. 

Macam-Macam Data Berdasar Sumber Data

Data Internal 

  • Data internal adalah data yang menggambarkan situasi dan kondisi pada suatu organisasi secara internal. Misal : data keuangan, data pegawai, data produksi, dsb..

Data Eksternal

  • Data eksternal adalah data yang menggambarkan situasi serta kondisi yang ada di luar organisasi. Contohnya adalah data jumlah penggunaan suatu produk pada konsumen, tingkat preferensi pelanggan, persebaran penduduk, dan lain sebagainya..

Klasifikasi Data Berdasarkan Jenis Datanya


Data Kuantitatif

  • Data kuantitatif adalah data yang dipaparkan dalam bentuk angka-angka. Misalnya adalah jumlah pembeli saat hari raya idul adha, tinggi badan siswa kelas 3 ips 2, dan lain-lain.

Data Kualitatif

  • Data kualitatif adalah data yang disajikan dalam bentuk kata-kata yang mengandung makna. Contohnya seperti persepsi konsumen terhadap botol air minum dalam kemasan, anggapan para ahli terhadap psikopat dan lain-lain.

Pembagian Jenis Data Berdasarkan Sifat Data


Data Diskrit

  • Data diskrit adalah data yang nilainya adalah bilangan asli. Contohnya adalah berat badan ibu-ibu pkk sumber ayu, nilai rupiah dari waktu ke waktu, dan lain-sebagainya..

Data Kontinyu

  • Data kontinyu adalah data yang nilainya ada pada suatu interval tertentu atau berada pada nilai yang satu ke nilai yang lainnya. Contohnya penggunaan kata sekitar, kurang lebih, kira-kira, dan sebagainya. Dinas pertanian daerah mengimpor bahan baku pabrik pupuk kurang lebih 850 ton.

Jenis-jenis Data Menurut Waktu Pengumpulannya


Data Cross Section

  • Data cross-section adalah data yang menunjukkan titik waktu tertentu. Contohnya laporan keuangan per 31 desember 2006, data pelanggan PT. angin ribut bulan mei 2004, dan lain sebagainya.

Data Time Series / Berkala

  • Data berkala adalah data yang datanya menggambarkan sesuatu dari waktu ke waktu atau periode secara historis. Contoh data time series adalah data perkembangan nilai tukar dollar amerika terhadap euro eropa dari tahun 2004 sampai 2006, jumlah pengikut jamaah nurdin m. top dan doktor azahari dari bulan ke bulan, dll.

Penyajian Data


Narasi (Kalimat)

  • Penyajian secara teks adalah penyajian data hasil penelitian dalam bentuk kalimat. Misalnya, penyebaran penyakit malaria di daerah pedesaan pantai lebih tinggi bila dibandingkan dengan penduduk pedesaan pedalaman. Peyajian data dalam bentuk teks merupakan gambaran umum tentang kesimpulan tentang hasil pengamatan. Dalam bidang kesehatan, penyajian dalam bentuk teks hanya digunakan untuk member informasi.

Table

  • Data dapat disajikan dalam bentuk tabel atau daftar, dapat berupa tabel horizontal maupun vertikal. Contoh Penggunaan data table
  • NAMARizalMalikNandangAgus
    Nilai8580100125

Grafik(Diagram)

  • Grafik data disebut juga diagram data, adalah penyajian data dalam bentuk gambar-gambar. Grafik data biasanya berasal dari tabel dan grafik biasanya dibuat bersama-sama, yaitu tabel dilengkapi dengan grafik. Grafik data sebenarnya merupakan penyajian data secara visual dari data bersangkutan. Dengan grafik dapat memberikan informasi dengan cepat yang dikandung dari sekelompok data dalam bentuk yang ringkas.
    Diagram Garis
    Contoh Penyajian Data Dalam Bentuk CHART atau DIAGRAM

Komentar