Pengertian Statistik Menurut Para Ahli

Apa yang dimaksud statistika?, Awal mendengar statitiska pasti Teman2 mungkin mengira bahwa statistika adalah pelajaran yang membosankan seperti halnyya kalkulus dan temen2nya yang di penuhi dengan angka. 

Definisi Statistika Secara Umum

Pengertian statistika secara umum adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data. Secara singkat, arti statistika adalah ilmu yang berkaitan dengan data untuk diolah dan diintepretasikan.

Arti Statistika Menurut KBBI

Pengertian statistika menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah ilmu tentang cara mengumpulkan, menabulasi, menggolong-golongkan, menganalisis, dan mencari keterangan yang berarti dari data yang berupa angka.
Secara singkat, statistika juga berarti pengetahuan yang berhubungan dengan pengumpulan data, penyelidikan dan kesimpulannya berdasarkan bukti, berupa catatan bilangan (angka-angka).

Pengertian Statistika Menurut Para Ahli Statistik di INDONESIA


1. Menurut Sigit Nugroho (2007)

Pengertian statistika menurut Sigit Nugroho (2007) adalah hasil-hasil pengolahan dan analisis data. Statistik dapat berupa mean, modus, median, dan sebagainya. Statistik dapat digunakan untuk menyatakan kesimpulan data berbentuk bilangan yang disusun dalam bentuk tabel atau diagram yang menggambarkan karakteristik data.


2. Menurut Prof. Dr. Sudjana, M.A., M.Sc. (2001)
(Pengarang Buku Metode Statistika)

Arti statistika merupakan ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan cara-cara pengumpuam fakta, pengolahan serta penganalisanya, penarikan kesimpulan, penyajian dan publikasi dari datadata yang berbentuk angka.



3. Menurut Prof. Dr. Sugiyono

(Pengarang Buku Statistika Untuk Pnelitian)



Pengertian statistika dalam arti sempit ialah sebagai data dan alat. Sedangkan dalam arti luas, arti statistik merupakan suatu alat dalam menganalisis dan mengambil sebuah keputusan.



4. Menurut Prof. Drs. Sutrisno Hadi. m. A

(Pengarang Buku Statistik)



Statistika merupakan salah satu cara untuk mengolah data dan menarik sebuah kesimpulan serta keputusan yang logis dari sebuah proses pengolahan data.

5. Menurut H.Agus Irianto (2014)
(Pengarang Statistik: Konsep dasar dan aplikasinya)

Pengertian statistik secara singkat adalah sekumpulan cara yang berhubungan dengan pengumpulan data, analisis data, penarikan kesimpulan dari data-data yang berbentuk angka dengan menggunakan asumsi tertentu.

6. Menurut Iqbal Hasan, M (2002)
(Pengarang Pokok2 Materi Statistik 1 : Statistik Deskriptif)

Definisi statistika adalah sebagai suatu ilmu yang mempelajari tentang seluk beluk data yakni tentang tatacara pengumpulan data, pengolahan data, penganalisaan, penafsiran dan penarikan kesimpulan dari suatu data dalam bentuk angka-angka.

7. Menurut Singgih Santoso
(Pengarang Buku Statistik Parametrik, Statistik Multivariant)


Statistika merupakan sebuah kegiatan untuk mengumpulkan data, meringkas data, menyajikan data, menganalisa data dengan metode tertentu, dan menginterpretasikan hasil analisis tersebut.

8. Menurut Syamsyuddin

(Muhammadiyah University Press)

Statistik adalah himpunan data yang berbentuk angka, baik yang belum disusun maupun yang sudah tersusun dalam daftar dan disajikan ke dalam bentuk grafik


9. Menurut Drs. M. Subana M.Pd,
(Pengarang Buku Statistika Pendidikan)

pengetahuan yang berhubungan dengan cara-cara pengumpulan fakta, pengolahan serta penganalisisannya, penarikan kesimpulan serta pembuatan keputusan yang cukup beralasan berdasarkan fakta dan penganalisisannya yang dilakukan. 





A. STATISTIK DESKRIPTIF


Menurut Prof. Dr. Sudjana, M.A., M.Sc. (2001)

Fase statistika dimana hanya berusaha melukiskan atau mengalisa kelompok yang diberikan tanpa membuat atau menarik kesimpulan tentang populasi atau kelompok yang lebih besar dinamakan statistika deskriptif.


Menurut Drs. M. Subana M.Pd,
Statistik deskriptif adalah statistik yang menggambarkan kegiatan berupa pengumpulan data, penyusunan data, pengolahan data, dan penyajian data dalam bentuk tabel, grafik, ataupun diagram, agar memberikan gambaran yang teratur ringkas, dan jelas mengenai suatu keadaan atau peristiwa.


Menurut Iqbal Hasan, M


Statistik deskriptif atau statistik deduktif adalah bagian dari statistik mempelajari cara pengumpulan data dan penyajian data sehingga mudah dipahami. Statistik deskriptif hanya berhubungan dengan hal menguraikan atau memberikan keterangan-keterangan mengenai suatu data atau keadaan atau fenomena. Dengan kata lain, statistik deskriptif berfungsi menerangkan keadaan, gejala, atau persoalan. Penarikan kesimpulan pada statistik deskriptif (jika ada) hanya ditujukan pada kumpulan data yang ada. Didasarkan pada ruang lingkup bahasannya statistik deskriptif mencakup :
Distribusi frekuensi beserta bagian-bagiannya seperti :
Grafik distribusi (histogram, poligon frekuensi, dan ogif);
Ukuran nilai pusat (rata-rata, median, modus, kuartil dan sebagainya);
Ukuran dispersi (jangkauan, simpangan rata-rata, variasi, simpangan baku, dan sebagianya);
Kemencengan dan keruncingan kurva 
Angka indeks 
Times series/deret waktu atau berkala
Korelasi dan regresi sederhana. 


A. STATISTIK INFERENSIAL


Menurut Prof. Dr. Sugiyono

Statistik inferensial adalah teknik statistik yang digunakan untuk menganalisis data sampel dan hasilnya diberlakukan untuk populasi. Statistik ini akan cocok digunakan bila sampel diambil dari populasi yang jelas, dan teknik pengambilan sampel dari populasi itu dilakukan secara random. Statistik ini disebut statistik probabilitas, karena kesimpulan yang diberlakukan untuk populasi berdasarkan data sampel itu kebenarannya bersifat peluang (probability). Suatu kesimpulan dari data sampel yang akan diberlakukan untuk populasi itu mempunyai peluang kesalahan dan kebenaran (kepercayaan) yang dinyatakan dalam bentuk presentase. Peluang kesalahan dan kepercayaan ini disebut dengan taraf signifikansi

Menurut Drs. M. Subana M.Pd,
Statistika inferensial adalah statistik yang berhubungan dengan penarikan kesimpulan yang bersifat umum dari data yang telah disusun dan diolah


Komentar