APLIKASI NON PENGAJARAN CBE (Computer Based Education) CAT (Computer Assisted Testing) CAG (Computer Assisted Guidance) CMI (Computer Managed Instruction)

 

APLIKASI NON PENGAJARAN


▸CBE (Computer Based Education)
▸CAT (Computer Assisted Testing)
▸CAG (Computer Assisted Guidance)
▸CMI (Computer Managed Instruction)


TUGAS PERTEMUAN 2

 

SISTEM INFORMASI MANAGEMENT

 

Nama : Muhamad Abdul Aziz

NIM    : 181011400044

Kelas   : 06TPLE001

QUIZ PERTEMUAN 4

ü  CAI (computer assisted instruction) atau pembelajaran dengan bantuan komputer.

ü  CBI (computer based instruction) atau program pembelajaran yang menggunakan komputer.

ü  CBL  (computer based learning) atau pembelajaran yang sepenuhnya menggunakan komputer.

ü  CBE (computer based education) atau komputer sebagai alat bantu dalam pendidikan.

ü  CAL (computer assisted learning) atau pembelajaran yang menggunakan alat bantu utama komputer.

CONTOH PENGGUNAAN

Ø  CAI : komputer digunakan untuk membantu proses pembelajaran dalam menyampaikan materi yang sudah diprogramkan. Di CAI peran guru tidak semuanya dihilangkan dan komputer hanya berperan sebagai pendamping guru dalam menyampaikan materi.

Ø  CBI : pembelajaran terprogram yang menggunakan komputer sebagai alat bantu utama untuk mengkomunikasikan materi kepada siswa, komputer menjadi pusat pembelajaran (center of learning) dimana siswa berperan lebih aktif dalam mempelajari suatu materi dengan media utama komputer. Siswa belajar secara mandiri tanpa bantuan peran guru.

Ø  CBL : pembelajaran yang sepenuhnya menggunakan komputer, siswa berhadapan dan berinteraksi secara langsung dengan komputer. Interaksi antara komputer dengan siswa ini terjadi secara individual dan belajar secara mandiri tanpa bantuan guru.

Ø  CBE : Bersifat menyeluruh, semua aplikasi komputer dalam pendidikan dapatyang digunakan untuk menunjang kegiatan pendidikan seperti : mengolah data, mencatat kehadiran pengajar dan siswa, menyimpan arsip data pribadi, dan lain-lain. Aplikasi-aplikasi pada CBE buakn digunakan untuk menunjang kegiatan pembelajaran.

Ø  CAL : Pembelajaran yang melibatkan penggunaan komputer untuk mempresentasikan materi belajar, tutorial dan umpan balik kemajuan belajar siswa.

1.      CAI

KELEBIHAN :

ü  Individual, merupakan sarana pembelajaran individual bagi peserta didik.

ü  Umpan balik, media komputer pembelajaran dapat diprogram agar mampu memberikan umpan balik terhadap hasil belajar dan memberikan penguatan.

ü  Cost Effectiveness, proses pembelajaran dapat meningkatkan prestasi hasil belajar dengan penggunaan waktu dan biaya yang relative kecil.

ü  Record keeping, kemampuan komputer untuk merekam hasil belajar pemakaiannya.

ü  Fleksibel, media komputer pembelajaran memungkinkan peserta didik belajar sesuai dengan kemampuan dan kecepatannya dalam memahami materi pelajaran yang disampaikan.

KEKURANGAN :

û   Hanya akan berfungsi untuk hal-hal sebagaimana yang telah diprogramkan.

û   Memerlukan peralatan komputer multimedia yang harganya tinggi

û   Perlu persyaratan minimal prosessor, memori kartu grafis dan monitor

û   Perlu kemampuan pengoperasiaan, untuk itu perlu ditambahkan petunjuk pemanfaatan atau petunjuk pemakaian

û   Pengembangan memerlukan adanya tim yang professional

û   Pengembangan memerlukan waktu yang cukup lama

 

 

2.      CBI

KELEBIHAN :

ü  Meningkatkan Motivasi Siswa Materi dapat didesain lebih menarik dan beragam

ü  Memberikan kesempatan kepada siswa menyelesaikan masalah sendiri

ü  Memberikan pengalaman atau praktek latihan secara langsung

ü  Meningkat perhatian dan konsentrasi siswa

 

KEKURANGAN :

û Modal awal investasi relatif mahal

û Guru atau Instruktur yang tidak memahami penggunaan komputer, akan kesulitan. Dan harus menyewa operator atau tenaga lain ahli komputer

û Interaksi Guru atau Instruktur dengan siswa menjadi berkurang (kurang membangun sikap dan karakter)

û Masalah compatibility antara hardware dan software

3.      CBL

KELEBIHAN :

ü  Memberi kesempatan kepada siswa untuk memecahkan masalah secara individual

ü  Menyediakan presentasi yang menarik dengan animasi

ü  Menyediakan pilihan isi pembelajaran yang banyak dan beragam

ü  Mampu membangkitkan motivasi siswa dalam belajar

ü  Mampu mengaktifkan dan menstimulasi metode mengajar dengan baik

ü  Meningkatkan pengembangan pemahaman siswa terhadap materi yang disajikan

ü  Merangsang siswa belajar dengan penuh semangat, materi yang disajikan mudah dipahami oleh siswa.

ü  Siswa mendapat pengalaman yang bersifat konkret, retensi siswa meningkat

ü  Memberi umpan balik secara langsung
Siswa dapat menentukan sendiri laju pembelajaran
Siswa dapat melakukan evaluasi diri

ü  Meningkatkan Motivasi Siswa Materi dapat didesain lebih menarik dan beragam

ü  Memberikan kesempatan kepada siswa menyelesaikan masalah sendiri

ü  Memberikan pengalaman atau praktek latihan secara langsung

ü  Meningkat perhatian dan konsentrasi siswa

 

KEKURANGAN :

û Hanya efektif jika digunakan satu orang atau kelompok kecil. Kelemahan ini sudah diatasi karena saat ini pengadaan komputer sangat mudah. 

û Jika tampilan fisik isi pembelajaran tidak dirancang dengan baik atau hanya merupakan tampilan seperti pada buku teks biasa, pembelajaran melalui media komputer tidak akan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa (siswa cepat bosan). 

û Guru yang tidak memahami aplikasi program komputer tidak dapat merancang pembelajaran lewat media komputer, ia harus bekerja sama dengan ahli program komputer grafis, juru kamera dan teknisi komputer.

4.      CBE

KELEBIHAN :

ü  Tersusunnya standar minimal untuk pengkajian dan intervensi.

ü  Data yang tidak normal nampak jelas.

ü  Data yang tidak normal secara mudah ditandai dan dipahami.

ü  Data normal atau respon yang diharapkan tidak mengganggu informasi lain.

ü  Menghemat Waktu karena catatan rutin dan Observasi tidak perlu dituliskan.

ü  Pencatatan dan duplikasi dapat dikurangi

ü  Data klien dapat dicatat pada format klien secepatnya.

ü  Informasi terearu dapat diletakkan pada tempat tidur klien.

ü  Jumlah halaman le#ih sedikit digunakan dalam dokumentasi.

ü  Rencana tindakan keperawatan disimpan sebagai catatan yang permanen.

 

KEKURANGAN :

û Pencatatan secara narasi sangat singkat. Sangat tergantung padachecklist.

û Kemungkinan ada pencatatan yang masih kosong atau tidak ada.

û Pencatatan rutin sering diabaikan

û Adanya pencatatan kejadian yang tidak semuanya didokumentasikan.

û Tidak mengakomodasikan pencatatan disiplin ilmu lain.

û Dokumentasi proses keperawatan tidak selalu berhubungan dengan adanya suatu kejadian.

5.      CAL

KELEBIHAN :

ü  Meningkatkan akses terhadap instruksi.

ü  Melengkapi berbagai macama gaya belajar

ü  Memungkinkan individu untuk memilih waktu dan tempat yang nyaman untuk belajar.

ü  Segera menyediakan umpan balik untuk peserta

ü  Mengurangi waktu dan biaya pelatihan.

KEKURANGAN :

û Pengembangan awak waktu dan biaya tinggi.

û Akses ke konputer dan untuk belajar online, internet.

û Dukungan teknis untuk computer.

û Pelatihan-pelatihan untuk memfalisitasi CAL.

û Keamanan untuk computer

 

 


Komentar