APLIKASI NON PENGAJARAN CBE (Computer Based Education) CAT (Computer Assisted Testing) CAG (Computer Assisted Guidance) CMI (Computer Managed Instruction)
APLIKASI NON PENGAJARAN
▸CBE (Computer Based Education)
▸CAT (Computer Assisted Testing)
▸CAG (Computer Assisted Guidance)
▸CMI (Computer Managed Instruction)
TUGAS
PERTEMUAN 2
SISTEM
INFORMASI MANAGEMENT
Nama : Muhamad Abdul Aziz
NIM : 181011400044
Kelas : 06TPLE001
QUIZ PERTEMUAN 4
ü CAI
(computer assisted instruction) atau pembelajaran dengan bantuan komputer.
ü CBI
(computer based instruction) atau program pembelajaran yang menggunakan
komputer.
ü CBL
(computer based learning) atau pembelajaran yang sepenuhnya menggunakan
komputer.
ü CBE
(computer based education) atau komputer sebagai alat bantu dalam pendidikan.
ü CAL
(computer assisted learning) atau pembelajaran yang menggunakan alat bantu
utama komputer.
CONTOH PENGGUNAAN
Ø CAI :
komputer digunakan untuk membantu proses pembelajaran dalam menyampaikan materi
yang sudah diprogramkan. Di CAI peran guru tidak semuanya dihilangkan dan
komputer hanya berperan sebagai pendamping guru dalam menyampaikan materi.
Ø CBI :
pembelajaran terprogram yang menggunakan komputer sebagai alat bantu utama
untuk mengkomunikasikan materi kepada siswa, komputer menjadi pusat
pembelajaran (center of learning) dimana siswa berperan lebih aktif dalam
mempelajari suatu materi dengan media utama komputer. Siswa belajar secara
mandiri tanpa bantuan peran guru.
Ø CBL : pembelajaran
yang sepenuhnya menggunakan komputer, siswa berhadapan dan berinteraksi secara
langsung dengan komputer. Interaksi antara komputer dengan siswa ini terjadi
secara individual dan belajar secara mandiri tanpa bantuan guru.
Ø CBE : Bersifat
menyeluruh, semua aplikasi komputer dalam pendidikan dapatyang digunakan untuk
menunjang kegiatan pendidikan seperti : mengolah data, mencatat kehadiran
pengajar dan siswa, menyimpan arsip data pribadi, dan lain-lain.
Aplikasi-aplikasi pada CBE buakn digunakan untuk menunjang kegiatan
pembelajaran.
Ø CAL :
Pembelajaran yang melibatkan penggunaan komputer untuk mempresentasikan materi
belajar, tutorial dan umpan balik kemajuan belajar siswa.
1.
CAI
KELEBIHAN
:
ü Individual,
merupakan sarana pembelajaran individual bagi peserta didik.
ü Umpan
balik, media komputer pembelajaran dapat diprogram agar mampu memberikan umpan
balik terhadap hasil belajar dan memberikan penguatan.
ü Cost
Effectiveness, proses pembelajaran dapat meningkatkan prestasi hasil belajar
dengan penggunaan waktu dan biaya yang relative kecil.
ü Record
keeping, kemampuan komputer untuk merekam hasil belajar pemakaiannya.
ü Fleksibel,
media komputer pembelajaran memungkinkan peserta didik belajar sesuai dengan
kemampuan dan kecepatannya dalam memahami materi pelajaran yang disampaikan.
KEKURANGAN
:
û Hanya
akan berfungsi untuk hal-hal sebagaimana yang telah diprogramkan.
û Memerlukan
peralatan komputer multimedia yang harganya tinggi
û Perlu
persyaratan minimal prosessor, memori kartu grafis dan monitor
û Perlu
kemampuan pengoperasiaan, untuk itu perlu ditambahkan petunjuk pemanfaatan atau
petunjuk pemakaian
û Pengembangan
memerlukan adanya tim yang professional
û Pengembangan
memerlukan waktu yang cukup lama
2.
CBI
KELEBIHAN
:
ü Meningkatkan
Motivasi Siswa
Materi dapat didesain lebih menarik dan beragam
ü Memberikan kesempatan kepada siswa menyelesaikan masalah sendiri
ü Memberikan pengalaman atau praktek latihan secara langsung
ü Meningkat perhatian dan konsentrasi siswa
KEKURANGAN
:
û Modal awal investasi relatif mahal
û Guru atau Instruktur yang tidak memahami penggunaan komputer, akan kesulitan.
Dan harus
menyewa operator atau tenaga lain ahli komputer
û Interaksi Guru atau Instruktur dengan siswa menjadi berkurang (kurang membangun sikap dan karakter)
û Masalah compatibility antara hardware dan software
3.
CBL
KELEBIHAN
:
ü Memberi
kesempatan kepada siswa untuk memecahkan masalah secara individual
ü Menyediakan
presentasi yang menarik dengan animasi
ü Menyediakan
pilihan isi pembelajaran yang banyak dan beragam
ü Mampu
membangkitkan motivasi siswa dalam belajar
ü Mampu
mengaktifkan dan menstimulasi metode mengajar dengan baik
ü Meningkatkan
pengembangan pemahaman siswa terhadap materi yang disajikan
ü Merangsang
siswa belajar dengan penuh semangat, materi yang disajikan mudah dipahami oleh
siswa.
ü Siswa
mendapat pengalaman yang bersifat konkret, retensi siswa meningkat
ü Memberi
umpan balik secara langsung
Siswa dapat menentukan sendiri laju pembelajaran
Siswa dapat melakukan evaluasi diri
ü Meningkatkan
Motivasi Siswa
Materi dapat didesain lebih menarik dan beragam
ü Memberikan kesempatan kepada siswa menyelesaikan masalah sendiri
ü Memberikan pengalaman atau praktek latihan secara langsung
ü Meningkat perhatian dan konsentrasi siswa
KEKURANGAN
:
û
Hanya efektif jika digunakan satu orang atau
kelompok kecil. Kelemahan ini sudah diatasi karena saat ini pengadaan komputer
sangat mudah.
û
Jika tampilan fisik isi pembelajaran tidak
dirancang dengan baik atau hanya merupakan tampilan seperti pada buku teks
biasa, pembelajaran melalui media komputer tidak akan mampu meningkatkan
motivasi belajar siswa (siswa cepat bosan).
û
Guru yang tidak memahami aplikasi program
komputer tidak dapat merancang pembelajaran lewat media komputer, ia harus
bekerja sama dengan ahli program komputer grafis, juru kamera dan teknisi
komputer.
4.
CBE
KELEBIHAN
:
ü Tersusunnya
standar minimal untuk pengkajian dan intervensi.
ü Data
yang tidak normal nampak jelas.
ü Data
yang tidak normal secara mudah ditandai dan dipahami.
ü Data
normal atau respon yang diharapkan tidak mengganggu informasi lain.
ü Menghemat
Waktu karena catatan rutin dan Observasi tidak perlu dituliskan.
ü Pencatatan
dan duplikasi dapat dikurangi
ü Data
klien dapat dicatat pada format klien secepatnya.
ü Informasi
terearu dapat diletakkan pada tempat tidur klien.
ü Jumlah
halaman le#ih sedikit digunakan dalam dokumentasi.
ü Rencana
tindakan keperawatan disimpan sebagai catatan yang permanen.
KEKURANGAN
:
û
Pencatatan secara narasi sangat singkat.
Sangat tergantung padachecklist.
û
Kemungkinan ada pencatatan yang masih kosong
atau tidak ada.
û
Pencatatan rutin sering diabaikan
û
Adanya pencatatan kejadian yang tidak
semuanya didokumentasikan.
û
Tidak mengakomodasikan pencatatan disiplin
ilmu lain.
û
Dokumentasi proses keperawatan tidak selalu
berhubungan dengan adanya suatu kejadian.
5.
CAL
KELEBIHAN
:
ü Meningkatkan
akses terhadap instruksi.
ü Melengkapi
berbagai macama gaya belajar
ü Memungkinkan
individu untuk memilih waktu dan tempat yang nyaman untuk belajar.
ü Segera
menyediakan umpan balik untuk peserta
ü Mengurangi
waktu dan biaya pelatihan.
KEKURANGAN
:
û
Pengembangan awak waktu dan biaya tinggi.
û
Akses ke konputer dan untuk belajar online,
internet.
û
Dukungan teknis untuk computer.
û
Pelatihan-pelatihan untuk memfalisitasi CAL.
û
Keamanan untuk computer
Komentar
Posting Komentar